Penyebab Pompa Air Berisik Dan Cara Mengatasinya

arie setiadi         1 comment
Penyebab Pompa Air Berisik Dan Cara Mengatasinya

Penyebab pompa air berisik merupakan permasalahan yang cukup sering sekali terjadi pada pompa air. Saya pikir hampir setiap pengguna pompa air pernah mengalaminya, terutama untuk pompa air yang sudah cukup tua. Lalu bagaimana cara mengatasi pompa air yang berisik? Berikut penjelasannya.

Ada dua penyebab yang membuat suara pompa air menjadi lebih berisik dari biasanya, kerusakan bearing atau klaher dan juga kipas.

Sebagai seorang teknisi elektronik yang juga menangani kerusakan pompa air, saya cukup berpengalaman dalam perbaikan pompa air dengan keluhan seperti ini.

Dari pengalaman selama ini, kerusakan pada bearing menjadi penyebab yang paling sering terjadi. Jadi, ketika bearing sudah sedikit bermasalah, maka biasanya akan mengeluarkan suara yang cukup mengganggu.

Sementara untuk kipas. Ini hanya berlaku untuk pompa air yang menggunakan kipas belakang. Salah satu contoh adalah jenis pompa air tabung atas. Jenis pompa air ini memerlukan kipas di bagian belakang sebagai pendingin dinamo.

Kipas ini biasanya lepas atau sedikit pecah sehingga pada saat dinamo berputar maka daun kipas tersebut menyentuh body pompa, hal inilah yang membuat pompa air mengeluarkan suara kasar.

Kembali ke bearing, masalah ini mungkin adalah penyebab paling banyak yang membuat pompa air mengeluarkan suara berisik. Bearing yang aus atau pecah pada bagian pelor dalam ( bola kecil) akan membuatnya tidak mampu menahan ass motor yang bergerak. Jika sudah begitu, maka saat dinamo motor berputar akan menimbulkan suara yang sangat bising.

Nah, bagi Anda yang sedang mengalami kerusakan pompa air dengan suara berisik. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan terhadap bearing dan kipas pada pompa air anda.

Jika menemukan kerusakan pada kedua alat tersebut, maka sebaiknya ganti alat yang rusak tadi dengan yang baru. Khusus untuk kipas belakang, Anda bisa menggantinya sendiri. Karena mengganti kipas tidaklah terlalu sulit. Namun untuk bearing, anda bisa meminta bantuan kepada tukang pompa air terdekat di sekitaran rumah Anda.

Demikian tadi penyebab pompa air berisik dan cara mengatasinya. Semoga dapat bermanfaat.
Published by arie setiadi

Baca artikel lainnya,terimakasih karena telah berkunjung.
Follow us Google+.

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? Ayo Gabung dengan Situs RESMI POKER ONLINE TERPERCAYA di www.fanspoker.com
    Deposit dan Penarikan Dana Hanya 1 Menit (selama bank online) BANK BCA, Mandiri, BNI, BRI dan DANAMON Minimal Deposit & Withdraw 10 rb
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Recent Articles

Contact

Arsip Blog

Powered by Blogger.