Cara Mengatasi Kulkas Nyetrum

arie setiadi         4 comments
Cara Mengatasi Kulkas Nyetrum

Cara Mengatasi Kulkas Nyetrum ~ Tekno Diary Indonesia ~ Kulkas sangat berguna sekali dalam menyimpan bahan makanan dan minuman. Didalam rumah tangga rasanya kulkas sudah sangat diperlukan.

Dan salah satu keluhan kerusakan kulkas selain tidak dingin adalah nyetrum. Kulkas yang mengalami kebocoran listrik bukan hanya membahayakan, namun bisa jadi hal ini merupakan awal dari gejala kerusakan yang lebih parah.

Salah satu kasus nyetrum yang terjadi pada kulkas kebanyakan disebabkan oleh kerusakan kompresor, istilah umum yang teknisi kulkas gunakan adalah kompresor short.

Namun, selama kulkas masih dalam kondisi yang dingin, maka kemungkinan besar nyetrum pada kulkas bukan terjadi karena kerusakan kompresor.

Ada hal lain yang mungkin bisa saja terjadi seperti adanya kabel yang terkelupas. Terutama bagi anda yang dirumahnya terdapat banyak sekali tikus.

Hewan ini biasanya suka sekali menggigiti kabel. Dan jika sudah begitu, biasanya kabel akan terkelupas. Hal ini sangat berbahaya apabila kabel yang terkelupas tadi menyentuh body atau pipa kulkas.

Jika kulkas dirumah anda mengalami kontak body atau nyetrum. Sebaiknya lekas cabut colokan dan lakukan pemeriksaan kabel.

Lalu adakah cara aman yang bisa digunakan untuk menghilangkan kontak body pada kulkas ? Selain memperbaiki kelistrikan kabel jika terjadi pengelupasan, maka sebenarnya ada cara yang benar untuk mengatasi masalah ini.

Untuk mengatasi masalah kulkas nyetrum maka biasanya saya mengambil kabel dan memasang grounding yang saya tempelkan pada tembok atau dinding.

Namun lebih bagus lagi jika kita memasang kabel grounding langsung ke tanah. Caranya cukup sederhana, anda hanya perlu menggunakan kabel.

Kabel tadi pasang pada body kulkas, bisa dimana saja. Setelah kabel terpasang pada dinding kulkas, selanjutnya arahkan kabel yang sudah tersambung ke body kulkas tadi ke bagian lantai rumah, dinding atau tembok.

Anda bisa memasang paku dan melilitkan kabel tadi ke paku tersebut. Cara ini terbilang cukup ampuh untuk membuang kebocoran listrik yang mengalir di dinding kulkas.

Dibawah ini adalah gambar contoh kabel grounding yang di pasang ke tanah

Contoh kabel grounding


Bagaimana ? Cukup mudah bukan ? Sekarang anda bisa mencobanya dirumah. Jangan lupa juga untuk menggunakan tespen sebelum memegang body kulkas, jika arus listrik masih mengalir maka jangan pernah menyentuhnya.

Selain itu menggunakan sandal jepit saat menyentuh kulkas yang nyetrum juga sangat efektif. Jadi, jika kulkas dirumahmu sudah kontak body, maka selalu gunakan sandal jepit agar kalian tidak kesetrum.

Itu aja tips singkat dari saya mengenai cara mengatasi kulkas nyetrum. Semoga dapat bermanfaat.

Sebagai tambahan saja bahwa jika kontak body tetap tidak teratasi. Maka sebaiknya untuk segera memperbaiki kulkas tersebut kepada ahlinya. Karena bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh adanya kerusakan part dan juga kompresor.
Published by arie setiadi

Baca artikel lainnya,terimakasih karena telah berkunjung.
Follow us Google+.

4 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? Ayo Gabung dengan Situs RESMI POKER ONLINE TERPERCAYA di www.fanspoker.com
    Deposit dan Penarikan Dana Hanya 1 Menit (selama bank online) BANK BCA, Mandiri, BNI, BRI dan DANAMON Minimal Deposit & Withdraw 10 rb
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus
  2. mau tanya..saya putar termostat,listrik langsung turun cara memperbaiki nyah gimana y?

    BalasHapus
  3. mau tanya..saya putar termostat,listrik langsung turun cara memperbaiki nyah gimana y?

    BalasHapus

Recent Articles

Contact

Arsip Blog

Powered by Blogger.