Kerusakan Kulkas Tidak Dingin Karena Kompresor Mati

arie setiadi         1 comment
Kerusakan Kulkas Tidak Dingin Karena Kompresor Mati

Hallo sobat, dikesempatan kali ini saya akan membahas mengenai permasalahan kulkas. Dan pembahasannya adalah mengenai kerusakan yang berhubungan dengan kompresor.

Sebenarnya tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman tidak siang ketika saya melakukan perbaikan kulkas di rumah salah satu pelanggan .

Pada saat order pelanggan tersebut mengatakan bahwa kulkas di rumahnya sedang mengalami kerusakan, dengan keluhan tidak dingin sama sekali.

Dan saya pun bergegas untuk datang kerumah beliau untuk melakukan perbaikan.

Sesampainya di sana saya langsung melakukan pemeriksaan terhadap kulkas tersebut. Mulai mengecek satu persatu komponen mulai dari timer,cek kompresor apakah bekerja atau tidak dan yang lainnya.

Setelah melakukan pemeriksaan satu persatu ternyata kerusakan tidak dingin tadi disebabkan karena mesin kompresor tidak bekerja. Padahal sebelumnya saya juga sudah mensetting posisi timer di posisi kompresor. Namun nyatanya kompresor tetap saja tidak bekerja.

Mesin kompresor tidak bekerja sama sekali meskipun setingan timer sudah pada posisi yang tepat ( kebetulan ini kulkas 2 pintu, jadi ada timer nya).

Lalu saya pun mulai melakukan pemeriksaan lanjutan. Nah bagi kalian yang mengalami kerusakan kulkas dengan keluhan kompresor tidak hidup, maka jangan buru-buru dulu memvonis bahwa kompresor tersebut sudah short atau mati total.

Ada baiknya kalian terlebih dahulu memeriksa overload protek dan juga relay nya.  Karena mungkin saja dua alat tersebut yang sudah rusak sehingga membuat kompresor tidak hidup.

Untuk memeriksa komponen kulkas, kalian memerlukan alat yang bernama multy tester. Alat ini sebagai pengukur untuk memeriksa kerusakan komponen - komponen didalam kulkas.

Dan setelah saya cek pada bagian Relay dan overload. Ternyata masalahnya terletak pada bagian Relay. Dengan menggunakan multy tester saya ukur dengan posisi ohm. Hasilnya jarum tester tidak bergerak sama sekali, dan berarti sudah fix bahwa relay memang sudah rusak.

Selain relay saya juga mengukur overload dan kompresor itu sendiri. Hasilnya cukup baik, overload dalam keadaan sehat dan kompresor tidak menunjukan gejala kerusakan seperti short.

Dengan hasil ini maka saya melakukan penggantian relay dengan yang baru, dan hasilnya kompresor kembali bekerja.

Namun jika kamu mengganti relay, sebaiknya lakukan juga penggantian overload protek. Ini hanya untuk berjaga - jaga saja mana tahu kemudian hari overload ya juga akan rusak.

Nah itu tadi

Published by arie setiadi

Baca artikel lainnya,terimakasih karena telah berkunjung.
Follow us Google+.

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? Ayo Gabung dengan Situs RESMI POKER ONLINE TERPERCAYA di www.fanspoker.com
    Deposit dan Penarikan Dana Hanya 1 Menit (selama bank online) BANK BCA, Mandiri, BNI, BRI dan DANAMON Minimal Deposit & Withdraw 10 rb
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Recent Articles

Contact

Arsip Blog

Powered by Blogger.