Penyebab Pengering Mesin Cuci Dua Tabung Tidak Hidup

arie setiadi         1 comment
Penyebab Pengering Mesin Cuci Dua Tabung Tidak Hidup

Kali ini tekno diary Indonesia akan membahas mengenai beberapa penyebab pengering mesin cuci dua tabung tidak hidup.

Setelah melakukan perbaikan mesin cuci dengan keluhan ini beberapa kali, saya menemukan setidaknya ada 5 penyebab yang membuat pengering pada mesin cuci dua tabung tidak mau hidup.

1. Kabel Putus

Biasanya kabel putus disebabkan oleh gigitan tikus. Jika pengering pada mesin cuci kalian mati, maka hal pertama yang harus kalian periksa adalah jalur kabelnya. Karena dari pengalaman pribadi, masalah seperti ini cukup sering terjadi.

Saya sendiri cukup sering menemukan permasalahan ini. Kabel yang menuju ke bagian dinamo atau timer pengering mengalami putus kabel.  Beberapa kejadian disebabkan oleh hewan pengerat bernama tikus.

2. Dinamo Mati Atau Terbakar

Kasus dinamo terbakar atau mati menjadi permasalahan kedua yang cukup sering terjadi. Kemungkinan ini disebabkan oleh seal bagian pengering yang bocor, sehingga air dari tabung pengering membasahi dinamo.

Dinamo pengering pada mesin cuci dua tabung sendiri terletak persis di bawah tabung, sehingga jika seal penahan air bocor atau sobek maka akan membuat dinamo motor menjadi basah. Kondisi inilah yang nantinya akan membuat gulungan dinamo terbakar.

3. Timer Rusak

Selajutnya adalah kerusakan timer. Khusus untuk timer rusak sebenarnya bisa kita rasakan saat kita memutar kenop timer. Jika kondisi timer rusak maka pada saat memutar timer maka akan terasa ringan, dan tidak mengeluarkan suara sama sekali ( timer yang baik akan terasa berat diputar dan mengeluarkan suara seperti cetak cetek)

Kerusakan timer bisa disebabkan oleh beberapa hal. Seperti, sering memutar balikan timer pada saat proses pengeringan belum selesai. Maka dari itu jangan pernah memutar timer untuk mengembalikannya pada posisi off, karena hal ini akan membuat timer los atau mati.

Biarkan timer bekerja sebagaimana mestinya, jika sudah diputar maka biarkan timer itu mati dengan sendirinya.

4. Rem Putus

Tahukan kamu bahwa pengering pada mesin cuci dua tabung ternyata memiliki rem. Alat ini berfungsi untuk menghentikan putaran motor dinamo saat kamu membuka pintu. Nah pada rem ini terdapat tali yang tersambung ke pintu, jika tali ini putus maka akan membuat rem terus bekerja sehingga menahan putaran dinamo.

Kejadian rem putus untuk kasus pengering yang mati cukup sering terjadi. Biasanya pengait tali bagian pintu pecah atau patah. Nah, jika pengering mesin cuci dirumahmu tidak bekerja, maka bisa saja hal ini disebabkan oleh tali rem yang sudah putus.

5. Switch Pintu Rusak

Sama seperti rem, switch pintu juga bekerja saat kamu membuka pintu mesin cuci. Fungsi alat ini adalah sebagai pemutus arus listrik ke dinamo pada saat kamu membuka pintu mesin cuci.

Switch yang putus akan membuat kerja dinamo berhenti karena tidak adanya arus listrik yang menuju ke dinamo tersebut. Switch pintu mesin cuci biasanya memiliki dua kabel, jika switch rusak kamu bisa melangsungkan dua kabel tersebut.

Demikian tadi beberapa penyebab yang  membuat pengering pada mesin cuci dua tabung mati atau tidak mau hidup. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Published by arie setiadi

Baca artikel lainnya,terimakasih karena telah berkunjung.
Follow us Google+.

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? Ayo Gabung dengan Situs RESMI POKER ONLINE TERPERCAYA di www.fanspoker.com
    Deposit dan Penarikan Dana Hanya 1 Menit (selama bank online) BANK BCA, Mandiri, BNI, BRI dan DANAMON Minimal Deposit & Withdraw 10 rb
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Recent Articles

Contact

Arsip Blog

Powered by Blogger.