Penyebab Kompresor AC Cepat Panas ( Overheating )

arie setiadi         1 comment
Penyebab Kompresor AC Cepat Panas ( Overheating )

Penyebab kompresor AC cepat panas merupakan topik yang akan kita bahas kali ini. Sebelum masuk ke pembahasan utama, kami akan menjelaskan apa itu kompresor AC dan apa itu fungsi dari kompresor AC.

Sederhananya kompresor adalah sebuah mesin penghasil dingin pada sebuah alat pendingin. Seperti kulkas, dispenser, chiller dan juga AC.

Apapun peralatan pendingin dalam rumah tangga, mesin utamanya bernama kompresor. Alat ini berfungsi sebagai penghasil dingin utama dengan sistem kerja yang unik. Gas freon di ubah dengan kerja kompresor sehingga mampu menghasilkan hawa dingin maksimal.

Jika kalian adalah pengguna AC dan sedang mengalami kerusakan AC dengan keluhan tidak dingin yang disebabkan oleh kerusakan kompresor. Maka silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Ada banyak jenis kerusakan kompresor, salah satunya adalah overheating atau kondisi dimana kompresor menjadi lebih cepat panas.

Kasus ini adalah keluhan umum yang sudah biasa terjadi. Banyak sekali penyebab yang membuat kompresor mengalami overheating.

Bisa dari kerusakan motor piston, kurang oli sampai kompresor lemah. Kita akan bahas satu persatu.

Kerusakan motor piston.

Didalam kompresor terdapat perangkat seperti piston penggerak. Fungsinya adalah membuat gerakan dorongan sebagai pendorong gas freon dengan kecepatan tinggi. Nah, jika alat didalam ini rusak maka membuat kompresor menjadi lebih cepat panas, bahkan bisa juga membuat kompresor menjadi gagal berfungsi, yang artinya mati total.

Kurang oli

Kompresor sama seperti mesin mesin lainnya, alat ini membutuhkan pelumas oli dalam bekerja. Jika oli kurang didalam kompresor maka akan membuat kompresor mengalami overheating atau cepat panas.

Press kompresor lemah

Kadang kompresor sewaktu waktu dapat kehilangan kekuatannya, kompresor seolah sudah tidak mampu bekerja sebagaimana mestinya. Kondisi seperti ini dinamakan press kompresor lemah. Sebenarnya kompresor hidup dan bekerja, namun tidak dalam kondisi yang optimal . Biasanya ketika press kompresor lemah maka akan membuatnya menjadi lebih cepat panas.

Untuk beberapa masalah diatas, sebenarnya kita masih bisa mengakalinya tanpa harus mengganti kompresornya. Sebagai contoh, ketika kompresor mengalami overheating karena kekurangan oli. Maka kita bisa mengakalinya dengan menguras oli lama didalam kompresor dan menggantinya dengan yang baru.

Namun, terkadang penanganan penanganan perbaikan pada kerusakan kompresor tidak melulu harus berhasil. Karena jujur saja, kerusakan kompresor merupakan keluhan kerusakan yang bisa di kategorikan sebagai kerusakan fatal.

Tips saja dari kami, jika kalian ingin kompresor AC dirumah lebih awet, maka lakukan perawatan AC minimal 3 bulan sekali. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian semua dan terimakasih sudah membaca artikel ini.
Published by arie setiadi

Baca artikel lainnya,terimakasih karena telah berkunjung.
Follow us Google+.

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? Ayo Gabung dengan Situs RESMI POKER ONLINE TERPERCAYA di www.fanspoker.com
    Deposit dan Penarikan Dana Hanya 1 Menit (selama bank online) BANK BCA, Mandiri, BNI, BRI dan DANAMON Minimal Deposit & Withdraw 10 rb
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Recent Articles

Contact

Arsip Blog

Powered by Blogger.